KISAH ANAK DURHAKA KEPADA ORANGTUA

Diceritakan ada sebuah keluarga di daerah Jawa Barat pada tahun 1950. Ayahnya seorang supir pribadi dan anaknya ada 7 orang, 1 perempuan dan 6 laki-laki.Dari keenam anak laki-laki ada 1 orang anak yang sangat bandel, dan kasar kepada orangtuanya sendiri sehingga orangtuanya sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Jika keinginannya tidak dipenuhi dia akan mengamuk, menghancurkan barang-barang milik orangtuanya bahkan setelah dia menginjak dewasa dia sering memaksa meminta uang kepada orangtuanya dengan ancaman akan membunuh orangtuanya sendiri.

Setelah dewasa lelaki itu jatuh cinta kepada seorang wanita cantik dari sumatera barat. Wanita ini mengejar-ngejar lelaki itu sampai mau bunuh diri kalau tidak direstui oleh orangtuanya. Akhirnya mereka menikah pada tahun 1975 dan dikaruniai 2 orang anak yang terdiri dari 1 anak laki-laki dan yang kedua anak perempuan.
Awal pernikahan mereka bahagia sekali karena cukup hartanya tetapi disaat anak-anaknya berusia 10 tahunan, mulailah goyang perekonomian, lelaki itu kehilangan pekerjaan dan penghasilan. Disaat itulah mereka sering bertengkar dan istrinya ingin bercerai tetapi lelaki itu tidak mau. Dan akhirnya istrinya ingin pulang ke kampung halamannya di Sumatera Barat, mereka hijrah ke sana dengan membawa kedua anaknya.Setelah sampai di Sumatera Barat mereka tinggal di tempat orangtua istrinya. Baru sebulan mereka disana, istrinya mengadu kepada orangtuanya bahwa dia hidup susah bersama lelaki itu sehingga orangtua istrinya mengusir lelaki itu dari rumahnya setelah beberapa hari istrinya sudah dijodohkan dengan orang sumatera barat lagi sampai menikah, melihat kejadian itu lelaki itu sakit hati, dia tidak bisa berontak karena dia lemah tanpa daya berada di kampung orang lain tanpa sanak saudara yang jauh di Jabar.Lelaki itu stress dia sakit hati banget bagai petir menyambar diatas kepalanya karena status pernikahannya belum bercerai. Lelaki itu hidup sebatang kara sengsara jadi gelandangan, dia ingin pulang ke Jabar tapi tidak punya ongkos tidak ada uang sepeserpun. Suatu hari lelaki itu bertemu dengan orang Jawa dan orang jawa itu merasa kasian dia memberi makan dan ngobrol “darimana asalmu de?” lelaki itu menjawab “sayah mah dari Jabar, sayah teh bukan orang sumatera, saya ingin pulang ke Jabar ke kampung halaman tapi tidak punya uang”. Seteelah lama bercerita akhirnya orang jawa itu mengajak pulang ke Jabar dengan memberi ongkos. Setelah sampai di Jabar dan tiba di rumah orangtuanya, orang jawa itu mengantar dan menceritakan keadaan lelaki itu di Sumatera hidup terlunta-lunta sejak diusir istrinya. Setelah itu orangtuanya berusaha mengobati ke paranormal tetapi tidak ada hasilnya, paranormal mengatakan bahwa lelaki itu diguna-guna oleh istrinya agar lelaki itu menjadi gila.

Mendengar hal itu orangtuanya jadi kecewa karena anaknya tidak bisa sembuh lagi sampai berobat ke berbagai tempat.Setelah beberapa tahun orangtuanya meninggal dunia. Lelaki itu hidup sendiri lagi hanya adiknya yang mengurusnya di Ciamis sedangkan adik yang lainnya sudah berumah tangga dan takut kepada lelaki itu karena dia sering mengamuk dan jahat kepada adiknya karena pelampiasan yang tidak bisa marah kepada istrinya yang di Sumatera. Menginjak usia 40 tahun lelaki itu meninggal dunia di Ciamis, adik- adiknya menguburkannya. Suatu hari setelah 2 tahun lelaki itu meninggal, anaknya yang di Sumatera juga meninggal yang perempuan karena tidak diurus oleh ibunya terkena keracunan makanan, sedangkan anak yang laki-laki pergi mencari ayahnya ke Jabar tetapi sayang ayahnya itu sudah meninggal dunia sehingga tidak bisa bertemu …

About these ads

~ oleh Lia pada 28 Maret 2009.

80 Tanggapan to “KISAH ANAK DURHAKA KEPADA ORANGTUA”

  1. seandainya anak itu durhaka salah satu obat mujarab adalah pengampunan dari orang tuanya tapi saya membaca cerita ini orang tuanya seperti tidak memberi kata ampun sehingga anaknya tidak sembuh-sembuh

    dan emang ironis ibarat kata dia mengalami hukum karma

    saya sendiri lebih memilih menjaga orang tua saya (ibu) dalam kehidupan saya walau udah menikah karena saya merasa saya bisa sukses sekarang karena doa mereka..

  2. Gmn dgn anak yang sdh berusaha membntu orgtuanya.Tp ayahnya malah malas bekerja dan suka marah.Hingga anak tersebut kesal kepada ayahnya.Apakah it trmsk durhaka?

  3. Yang terbaik untuk anak adalah menerima baik atau buruknya prilaku orang tua. Anak yang membantu orang tua adalah anak yang berbakti kepada orang tua. Apabila ayah malas bekerja dan suka marah sebagai anak harus sabar menghadapinya dan senantiasa harus banyak berdoa agar ayah dibukakan hatinya.

  4. anak durhaka harus minta maaf s@m o@ran#g tuany@ baru b isa diampuni dosanya inga ingating dadadadacdadadadad bye bye goole

  5. he he he he he jhe jangan suka melawan orang tuia ya ingat ingat dah dah dah dah dah bye bye goole nende bye bye

  6. seandainya anak itu tidak durhaka pasti bahagia karena orang tua yang ngurus kita jdi kita harus sayang pada kedua orang tua kita

  7. Melawan orang tua sama saja mendurhakai ALLAH karena marahnya orang tua adalah murkanya ALLAH.Nabi muhammad bersabda “surga terletak di telapak kaki ibu” oleh karna itu kita sebagai anak haruslah patuh terhadap orang tua.

  8. makanya kawan selagi masih ada kesempatan buruan minta maaf ma ortu.

  9. makanya jangan durhaka sama ortu

  10. mkany zd org tu hruzzz baik2
    tuh akibatnya

  11. Qrela mndrta demi kdua orang tuaQ, karena merekalah yg slma ne mmbsarkanQ dengan keringat, darah dan airmata…
    Qsgt mncintainya apbla ada org yg mnyktnya Qg rela…knQ cr smpai keujung dunia…

  12. dr pada kawin ma rank gak setia,mndngan gw kawin ma rank laen…………………..n ikuti pa kmauan ortu gw

  13. wkwkwk.. uwh ngerii dagh ngelawan orang tua mah.. jgn sesekali nglawan ortu mah.. pzti ada karmanya.. lbih baik kita mnjga nd menyayangi’y.. 1 cinta allah 2 cinta ortu 3 bru cinta pacar.. hehehe

  14. ass setelah membaca cerpen di atas . saya mengingat sabda rosulullah dalam Al-hadits yg artinya : ridho nya Allah adalah ridho nya orang tua, dan murkanya Allah adalah murkanya orang tua . dan ingat lah betapa besar jasad nya orang tua kta dari mulai mengandung sampai lahir nya kta ke dunia yang indah ini salam : imron baransano
    jakarta 07-04-2010

  15. jdi orng jgn durhaka ma orng tua,tanpa seorang ibu,,hidup kamu akan sia2..hdupmu tlah kiamat dahhhh…..kualat u..
    kasian dech..

  16. Tak patut . . . ..

  17. aku durhaka ma ibu ku…

  18. apa yang haru aku lakukan aku takut sekali….

  19. tolong bantu aku plissss….

  20. aku ngk akn sperti itu……………

  21. tega bngedt tuh anak ….
    qwuh gg akndt kya ghitu ….
    MY MOTHER MY BROTHER I LOVE YOU SOO MUCH

  22. YA ALLAH ENGKAU MAHA AGUNG ….
    ENGKAU HEBAT BISA MENCIPTAKAN BUMI,MANUSIA,DAN SEMUA ISINYA ,,,
    AKU KAGUM PADA MU YA ALLAH ….
    UNTUK AYAH DAN IBU MA’AF KAN BILA AKU PUNYA SALAH …

  23. munx xin kiamat akan jdi ciri2 nya jga dach ada……………………………………………?????????????????????????????????????????????

  24. kasian ya anak itu di kutuk oleh ke dua orang tua nya kasian kasian?

  25. tp kasihan anak nya udah jauh2 nyariin bapak nya ternyata g` ketemu soal x bapak x udah meniggal dunia

  26. gimana caranya minta maaf kepada ortu yang sudah meninggal :

    tolong jawab ya kk

  27. aq tidak akan seperti itu
    aqhu syg bnget ma ortu qhu
    jdie gaq bakalan dech……….

    ya allah jauh kan aq drie dosa………..,,,,,,,,,,

  28. Prinsip anak durhaka: ORANG TUA kaya raya,anak jd raja….anak durhaka kaya raya,orang tua pasti sengsara!!

  29. ya itu karma krn perbuatannya sndri,aq jg sedih melihat ortuq di hina di cela oleh sp sj,kisahq adl. aq terdiri dr 6 saudara 4laki2 2perempuan.
    tp kakakq yg no 3 ini parah bgt kelewat batas,mendurkai org tua,sebut aj namamya “H”.
    si H ini klo di bilangin keras kpla,sring kali dy menghina mencela ibuq,adkq,aq jg…
    masa ibunya sndri di sumpahi mati,melarat,kedunyan&sbgi=y dan selalu ungkit2 minta waarisan,klo ngmong nyela bgt gk memandang bhwa dy itu toh jg msh butuh kita semua,msh mnta uang sm ortu pdhal dy itu sdh kepala tiga .krg sabar apa kita dr dulu dy nyela kita tp kita smua msh bs nerima dy tp sikapnya gk bs berubah te2p sama sama busuknya dg istrinya.wlaupun kehidupannya skrg msh susah tp mulutnya gk prnh skolah syok teraniaya te2p aj gt,buktinya dr dulu dy nyumpahi yg enggk2 toh kebalikannya kualat sndri susah nyari krja’an,tp te2p ae gk sadar2,msh aj nyela aq ibu adkq klo di ingetin bawa’annya bertengkar ae,kasihan anknya dr kecil ortunya gt gimn bsrnya tkutnya ngruh,sedih bgt rasanya tp qpasrahkan smua kpda allah,aq hnya ingin sesuatu yg trbaek buat smua.

  30. wew … begitu lah ..
    jgn di tiru tuh

  31. kalo lu jadi anak durhaka gua jamin bakal masuk neraka decch…. nah mangkax jadi anak tu yang soleh n’ solehah aja kayak gue…. he…..9999x

  32. semoga anak bangsa tidak boleh durhaka terhadap orang tuanya masing masing

  33. anak durhaka…balasannya pasti dapat…tunggu saja…

  34. anak durhaka pada orang tuanyua … balasanya sangat berats lowh ..

  35. hhhuuhhh , anak yang durhaka kepada ibu na pzti hidup na gag akan bahagia…..

  36. [...] Mendengar hal itu orangtuanya jadi kecewa karena anaknya tidak bisa sembuh lagi sampai berobat ke berbagai tempat.Setelah beberapa tahun orangtuanya meninggal dunia. Lelaki itu hidup sendiri lagi hanya adiknya yang mengurusnya di Ciamis sedangkan adik yang lainnya sudah berumah tangga dan takut kepada lelaki itu karena dia sering mengamuk dan jahat kepada adiknya karena pelampiasan yang tidak bisa marah kepada istrinya yang di Sumatera. Menginjak usia 40 tahun lelaki itu meninggal dunia di Ciamis, adik- adiknya menguburkannya. Suatu hari setelah 2 tahun lelaki itu meninggal, anaknya yang di Sumatera juga meninggal yang perempuan karena tidak diurus oleh ibunya terkena keracunan makanan, sedangkan anak yang laki-laki pergi mencari ayahnya ke Jabar tetapi sayang ayahnya itu sudah meninggal dunia sehingga tidak bisa bertemu … Sumber tulisan dari  [...]

  37. q tdak tau mau blng ap krn q jg smpat mnglamisprti crta trsbut ttpi
    ktka q mlhat ap yg trjdi akhir2 ini yg mnmpah kdua ortu q
    dri stu q mlai sdar bhwa q hrus mmbntu mrka
    bkan ,mlah mmbuat mrka ssah

  38. saya tak kan pernah tgl kan janji ke pada mu allah aku akn slalu syg pada ibu ku yg telah lahir kan ku ke bumi mu ini

  39. ayo minta maaf ma bonyok kita yo

  40. ya alllah kasian banget ya jadi anak durhaka astagfirullahalandzim

  41. ibu adalah ratuku dan ayahku adalah sang rajaku….ku terus berdoa buat mereka berdua

  42. kasih syg seorg ibu tidk bsa dblz dgn ap pn yg dnia in

  43. wah gan , ceritanya bagus banget gan ..
    boleh di jadiin drama sekolah gak nih gan ??

  44. retno love devan galang kusuma

  45. devan q cyanx uuu

  46. Wah jangan smpe aq durhaka pd orang tuaku,
    smoga ajha q tetep jd anak yg berbakti kpd orang tua krna tkut adzab allah sangat pedih..

  47. Told there is a family in West Java in 1950. His father was a personal driver and his son were 7 men, 1 woman and 6 men laki.Dari six boys there is a child who is very stubborn, and rude to his own parents so that parents could not do anything else. If wishes were not met he would run amok, destroying her parents’ belongings even after he stepped on an adult she often forced to ask for money to her parents by threatening to kill his own parents.

    As an adult he had fallen in love with a beautiful woman from western Sumatra. This woman chased the man to kill himself if not sanctioned by her parents. Eventually they married in 1975 and blessed with 2 children consisting of a boy and two girls.
    Early marriage once they are happy because their property enough but when the children aged 10 years, begin to shake the economy, he lost his job and income. That’s when they often quarreled and the wife wants a divorce but he did not want to. And eventually she wants to return to his hometown in West Sumatra, they moved to there with both anaknya.Setelah up in West Sumatra where they lived in his wife’s parents. They are there just a month, she complained to her parents that she was unhappy with him so that his wife’s parents drove him from his home after a few days she has been paired with the Sumatran west again until marriage, saw the incident hurt him, he can not rebel because he is weak without the power was in his hometown of others without distant relatives in Jabar.Lelaki stress that he really hurt over his head like a lightning strike due to marital status has not been divorced. The man lived alone so miserable bum, he wanted to go West Java but did not have no money cost a penny. One day he met with the Javanese and Javanese feels kasian he fed and talk “where you come from de?” The man replied “mah sayah of Jabar, sayah tea instead of the Sumatran, I want to go back to my hometown in West Java but are not have money “. Seteelah old Javanese people finally told me it took to give back to Jabar fare. After arriving in West Java and arrived at her parents’ home, Javanese people that drop off and told him the situation in Sumatra are displaced Ramanujan lived since his wife were expelled. After that her parents tried to treat the paranormal, but to no avail, a psychic said that he used to by his wife to let him go mad.

    Hearing that her parents were so disappointed because it can not recover again until seeing a variety tempat.Setelah parents died a few years. He was living alone again just to take care of her sister in Ciamis while the other sister was married and afraid of him because he often rages and evil to his brother because of impingement that can not be angry with his wife in Sumatra. The age of 40 years he died in Ciamis, her sisters buried him. One day after two years he died, his son who also died in Sumatra that women are not taken care of by her mother because hit by food poisoning, while the male child who went looking for his father to Jabar but unfortunately her father had died so could not meet …

  48. sebenarnya anak durhaka akan mendapat balasan sebelum ia bertobat

  49. saya ingin mengetahui lebih lanjut tentang anak durhaka terhadap orang tuanya.

  50. coba jangan mati dlu kan anaknya bisa ktemu bapak nya di jabar kasihan anaknya pusing nanti..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: