Definisi/Pengertian Administrasi

Istilah administrasi berasal dari bahasa latin yaitu “Ad” dan “ministrate” yang artinya pemberian jasa atau bantuan, yang dalam bahasa Inggris disebut “Administration” artinya “To Serve”, yaitu melayani dengan sebaik-baiknya.

Pengertian administrasi dapat dibedakan menjadi 2 pengertian yaitu :

  1. Administrasi dalam arti sempit. Menurut Soewarno Handayaningrat mengatakan “Administrasi secara sempit berasal dari kata Administratie (bahasa Belanda) yaitu meliputi kegiatan cata-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, keti-mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan”(1988:2). Dari definisi tersebut dapat disimpulkan administrasi dalam arti sempit merupakan kegiatan ketatausahaan yang mliputi kegiatan cata-mencatat, surat-menyurat, pembukuan dan pengarsipan surat serta hal-hal lainnya yang dimaksudkan untuk menyediakan informasi serta mempermudah memperoleh informasi kembali jika dibutuhkan.
  2. Administrasi dalam arti luas. Menurut The Liang Gie mengatakan “Administrasi secara luas adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu”(1980:9). Administrasi secara luas dapat disimpulkan pada dasarnya semua mengandung unsur pokok yang sama yaitu adanya kegiatan tertentu, adanya manusia yang melakukan kerjasama serta mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Pendapat lain mengenai administrasi dikemukan oleh Sondang P. Siagian mengemukakan “Administrasi adalah keseluruhan proses kerjasama antara 2 orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya” (1994:3). Berdasarkan uraian dan definisi tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa administrasi adalah seluruh kegiatan yang dilakukan melalui kerjasama dalam suatu organisasi berdasarkan rencana yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan.

About these ads

~ oleh Lia pada 8 April 2009.

49 Tanggapan to “Definisi/Pengertian Administrasi”

  1. dalam pendefinisian kok kurang lengkap, misalnya bisa ditambahi proses dan makna administrasi, fungsi administrasi dsb. tapi ini juga sudah cukup membantu dan trima kasih

  2. administrasi dlm arti intelektualitas keseharian

  3. menurut saya administrasi itu adalah alat untuk pembayaran

  4. mb lia…tau gak pengertian adminitrasi yang bekaitan dengan sistem informasi persediaan?kl pny info tlg email ke email sya, mksh bnyk..

  5. Mba, itu subernya dari buku apa? buat daftar pustaka neh..
    maksaih banyak

  6. defenisi administrasi itu banyak ya bu..??sya disuruh cari 10 defenisi..

  7. mb lia itu pengertian admin dlm suatu perkantoran di sebuah perusahaan perbankan bkan? klo pny pgertian lain tentang admin khususnya di perbankan tlong krim ke E-mail aq y mbk…..
    putri_ajeng91@yahoo.com.id mkch

  8. lg pusing ngerjain skripsi ga bisa komen dulu…………….

  9. hoho
    terimakasih atas penjelasannya
    ^^

  10. kenapa ya pendapatnya berbeda”
    saya jdi susahni untuk membuatnya… nanti kalo salah saya di marah dosen lagi,,,, aduhhh pusingg,,,,,,,.

  11. Jangan dipakai susah, kita cerna pengertian diatas kemudian bayangkan bagaimana aktivitas administrasi itu. Klo menurut saya administrasi itu adalah proses pengelolaan data yang dilakukan oleh lebih dari satu orang untuk mencapai tujuan organisasi/perusahaan. Sekrang anda bayangkan surat menyurat, agenda, ketik mengetik, itu berhubungan dengan apa?, pasti dengan data. Mengapa dilakukan oleh lebih dari satu orang ?, karena suatu organisasi/perusahaan tentu saja menginginkan efisiensi dan efektivitas kerja bisa tercapai, hal ini sebagai bentuk dalam mewujudkan tujuannya. Pesan saya kepada rekan-rekan sekalian jika kita ingin mengerti suatu ilmu maka kita perlu mencernanya, kita jangan terpaku pada suatu pengertian yang dilontarkan oleh para ilmuan, tetapi kita harus bisa juga membuat pengertian sendiri yang tentunya saja didukung dengan hasil pengamatan kita. Terima kasih

  12. tolong dong yg tau pngertian administrasi negara sbg privat,bisnis, niaga, sbgai ilmu n sebagai profesi masing2 5 jwbn,,,
    tgl 03 di kumpul nih….

    HELP ME,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  13. thankz bgt mb lia…
    tp low prsmaan antra adm n accounting tu slain nmghitung kluar msuk kas vha zch?????

  14. Tugas ma’darumpu,,,,,huffffffffffff

  15. makasih ya mbak… infonya.. ne udah cukup jelas untuk bisa mengerti makna dari administrasi..

  16. lam knal,gak sengaja jalan2 di dunia maya nemuin blog ini,hehehe,.

  17. makasih mba… membantu banget :)

  18. ikutan koment ah, ,
    n inin nge-share yah. :-)

  19. Bu Lia, kalox tentang administrasi agenda surat menyurat OSIS gmana ?

  20. tolong donk kasih contoh/bentuk pentingnya mengelola administrasi di dalam perusahaan

  21. tolong tampilkan tentang mengelola administrasi dalam perusahaan

  22. LIA YULIANTI, S.Pd
    ato LIA YULIANTI, S.SOs xixix just kid lam kenal

  23. artikelnya bagus. salam kenal

  24. makasih telah membantu, semoga anda slalu dalam kesehatan dan kesejahteraan hati, amiin

  25. Selamat pagi mba lia,aku boleh tanya?
    apa bedanya administrasi stock dengan administrasi kantor?
    pengertiannya sama atau beda?
    tolong jelasin ya mba krna aku hrs tau biar nnti ditanya tau jawabannya,jwbannya dikirim ke email aku ya mba,trima kasih.

  26. pengertian administrasi dalam istilah administrasi sekretaris apa ya mba? sumbernya dari mana mba, buat bikin TA daftar pustaka nya hehehe terima kasih

  27. Kalau menurut Henry payol tentang administrasi bagaimana bu??

  28. mba saya mau tanya pengertian administrasi penjualan menurut para ahli..

    tolong dikirim secepatnya ya..

  29. Tlong donk jelasin
    devinisi dari,
    menghimpun,mencatat,mengolah,menggandakan,mengirin,dan menaruh.
    Tlong jelasin masing”perbeda’an’nya…trims.

  30. tlong donk jelasin bagaimana cara menjadi admin yg baik…???
    thx^^

  31. sbnernya papn yg mrupakn dvnisi dr admnstrasi tsb n dr tkoh ilmuan spapn dia ksmuanya tu adlh suatu prnyataan yg mknanya sama antara satu dgn yg lainnya, hanyasanya bgemana cara kita mncrna, mmahami n mngmbangkan dr smua pngertian yg dah dismpekn n dijlaskan oleh para ilmuwan tsb. olh krna itu, fhamilh ia ssuai dgn kmmpuan kita masing-masing.
    thank u….

  32. kan ada lagi ya bahasa belandanya{ADMINISTRATIE}

  33. kalau arti atau pengertian dari administrasi beasiswa apa?
    makasih

  34. mbk, administrasi penjualan itu bagaimana? dan seperti apa aplikasinya??

  35. mbak yang di maksud dengan pembukuan ringan itu gmna si ?

  36. tolong yah mba lia, pengertian administrasi menurut beberapa ahli sebanyak 20 pengertian. makasih

  37. kesimpulannya kurang lengkap tu

  38. makasih bnyak ya mba atas informasinya. Membantu bnget dhea dalam tugas tentang plajaran AP (Administrasi Perkantoran) :)

  39. iojkm

  40. et

  41. Bismillah. Assalamu’alaikum. Mbak Lia maaf kalau administrasi dilihat dari sudut, proses, fungsi dan lembaga? bagaimana mbak. Terimakasih. Jazakillah..

  42. mba..kok cma 2? saya disuruh dosen cari 40 definisi…20 dri dlam negeri dan 20 dr luar negeri…bantuin dunk mba..please

  43. simple penjelasan administrasi perlu difinisi dan contoh kegitan

  44. mba,,
    Lw pengertian administrasi negara secara umum ap.?
    Mhon d,krim d,email q sj

  45. kak, cntoh-contoh pelajaran administrasi kyk gmna si gambarannya

  46. bu apa sjakah 50 istilah yg berhubungan dgn administrasi….?

    berikan penjelasannya…!

  47. cukup membantu tugas saya,ttapi kurang lngkap :D

  48. […] Indonesia. Bandung:Pustaka.Download Internet Yulianti, 2009. Pengertian / definisi Administrasi padahttp://gurulia.wordpress.com/2009/04/08/definisipengertian-administrasi/ tanggal 20 April 2011 pukul 14.57 wib. (function() { var po = […]

  49. […] Indonesia. Bandung:Pustaka.Download Internet Yulianti, 2009. Pengertian / definisi Administrasi padahttp://gurulia.wordpress.com/2009/04/08/definisipengertian-administrasi/ tanggal 20 April 2011 pukul 14.57 […]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: