WISATA KE SITU PANJALU

resize-of-i070900101Disinilah tempat kakek dan nenekku berada. Disebuah Desa yang bernama Desa Pabuaran Kabupaten Ciamis yaitu terdapat Situ Panjalu. Asal usul terbentuknya Situ Panjalu yang aku denger yaitu menurut cerita sesepuh disana. Dahulu ada Pangeran Bangosngora, dia Raja yang memerintah disana, keturunan Raja Pajajaran. Dia pergi ke Mekah dan membawa air Zanzam. Di Mekah Raja bertemu dengan salahsatu sahabat Nabi yaitu Sayidina Ali, menyuruhnya untuk menyiram air Zanzam kedaerah Raja tersebut. Kemudian Raja itu melakukannya dan terbentuklah Situ Panjalu.

resize-of-re-exposure-of-re-exposure-of-rotation-of-i070900031

Dahulu keturunan Raja Panjalu tidak boleh menikah dengan orang keturunan Sumedang. Karena waktu itu kedua Rajanya saling bermusuhan. Setiap keturunan Panjalu menikah dengan keturunan Sumedang kemudian berperahu di Situ Panjalu konon akan tenggelam. Tetapi permusuhan kedua Raja ini berakhir pada turunan ketujuh sehingga sekarang keadaan demikian berpengaruh lagi.

Pada zaman modern ini di Situ Panjalu banyak yang berwisata dan berziarah kemakam Raja yang berada ditengah-tengah pulau Situ Panjalu. Orang-orang banyak yang datang terutama dari Jawa. Mereka selain berziarah juga membawa air Situ Panjalu, yang konon dipercaya berkhasiat untuk segala maksud. Tetapi untuk keturunan orang Panjalu air Situ tersebut tidak ada khasiatnya. Setiap tahun khususnya Bulan Mulud penduduk disekitar Situ Panjalu selalu mengadakan acara ritual yaitu memandikan pusaka-pusaka keramat.

~ oleh Lia pada 25 Maret 2009.

2 Tanggapan to “WISATA KE SITU PANJALU”

  1. sip :))

  2. Mantap sjarahnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: